Langsung ke konten utama

Sistem Informasi Rental Mobil

1. USE CASE DIAGRAM 



Pada gambar di atas yang bertugas menjadi aktor adalah pelanggan dan petugas. pada sistem ini pelanggan tidak masuk pada sistem, pelanggan hanya melakukan pendaftaran secara manual. Petugas lah yang nantinya akan menginputkan data pelanggan pada sistem. Petugas bertugas menginputkan data rental, data penyewaan, termasuk data pelanggan yang mendaftar untuk melakukan penyewaan dan pembayaran.


2. CLASS DIAGRAM





3. SEQUENCE DIAGRAM 


- Sequence Diagram Login Petugas 

Prosedur pelaksanaanya : 
1. petugas memasukan username dan password pada sistem. 
2. petugas masuk pada bagian kepegawaian.
3. sistem akan melakukan pengecekan apabila terjadi kesalahan akan muncul peringatan username atau password salah. 
4. apabila sudah masuk ke sistem, petugas akan masuk ke manu utama form

- Sequence Diagram Pendaftaran Customer 

Prosedur pelaksanaannya : 
1. pelanggan akan mengisi formulir pendaftaran. 
2. data pelanggan berupa fisik, akan di serahkan pada bagian petugas. 
3. petugas akan melakukan pengecekan apakah sudah lengkap atau belum. Apabila masih ada yang belum lengkap petugas akan mengkonfirmasikan lagi ke pelanggan. 
4. petugas akan menyimpan data terlebih dahulu sebelum di masukan kedalam sistem yang terkomputerisasi.

- Sequence Diagram Input Data Pendaftaran

Prosedur pelaksanaanya : 
1. petugas memilih form input data pelanggan. 
2. petugas akan melakukan input data pelanggan. 
3. sistem akan mengecek apakah sudah lengkap apa belum, kalo belum sistem akan memunculkan peringatan data pelanggan belum lengkap. 
4. sistem akan menyimpan data pelanggan tersebut apabila prosedur sudah lengkap. 

- Sequence Diagram Input Data Rental 

Prosedure pelaksanaannya : 
1. petugas masuk ke form data mobil. 
2. petugas menginputkan data mobil. 
3. sistem akan mengecek dan menyimpan. Apabila ada yang kurang atau tidak cocok akan muncul peringatan data belum lengkap. 
4. petugas masuk ke form data supir. 
5. petugas menginputkan data supir. 
6. sistem akan mengecek dan menyimpan. Apabila ada yang kurang atau tidak cocok akan muncul peringatan data belum lengkap. 

- Sequence Diagram Input Data Peminjaman


Prosedur Pelaksanaannya : 
1. petugas memilih input data peminjaman pada form utama. 
2. petugas menginputkan data pelanggan yang melakukan peminjaman. 
3. sistem akan mengecek dan mengesave pada data peminjaman. Apabila masih ada data yang belum lengkap sistem akan memunculkan peringatan data peminjaman belum lengkap. 
4. sistem akan menampilkan data yang sudah di inputkan. 

- Sequence Diagram Input Data Pengembalian dan Pembayaran 



Prosedur pelaksanaannya : 
1. petugas memilih form input pengembalian. 
2. petugas penginputkan data pengembalian. 
3. sistem akan mencetak data pengembalian tersebut. 
4. pelanggan melakukan pembayaran
5. petugas akan memberikan struk pembayaran pada pelanggan. 


4. ACTIVITY DIAGRAM

- Activity Diagram Pendaftaran Pelanggan



- Activity Diagram Peminjaman


- Activity Diagram Pengembalian





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Sistem Informasi PERTAMINA

Analisis PIECES  Mengacu pada sistem yang ada dan selama ini digunakan dalam proses pengendalian kerja yang ada khususnya sistem pengolahan data karyawan pada PT. Pertamina, kemungkinan besar akan terjadi hasil daya yang kurang relecan dan kurang akurat. Untuk menyelesaikan permasalahan  sebagaimana disebutkan sebelumnya, maka disusun analisis yang digunakan sebagai alat ukur untuk menentukan sebuah sistem yaitu dengan menggunakan analisis PIECES ( Performance, Information, Economy, Control, Efficiency, and Service ). Jenis Analisis Permasalahan Performance and Economy Jadwal Pemesanan persediaan dilakukan berdasarkan insting dan pengecekan Tangki oleh pengawas SPBU setiap hari hal ini akan menjadi permasalahan jika pengawas berhalangan hadir atau terlambat melakukan pengecekan. Information Belum adanya sistem monitoring persediaan premium yang dapat mendukung informasi persediaan secara cepat dan akurat. Control and Efficiency Proses p...

Design Pattern: State Pattern

Definisi State Pattern adalah solusi untuk masalah bagaimana membuat perilaku tergantung pada state. Pola state ini tidak menentukan mana transisi state yang akan didefinisikan. Pilihannya adalah duam yakni: "konteks" objek atau setiap state individu berasal. Keuntungannya adalah kemudahan untuk menambah kelas baru yang berasal dari state. Kelemahannya adalah setiap kelas turunan dari state memliki pengetahuan sambungan yang memperkenalkan dependensi antara subclass. Implementasi 1. Buatlah interface dengan nama PlayerState public interface PlayerState { void action(Player p); } 2. Buatlah tiga kelas berbeda dengan state yang berbeda. Pada contoh dibawah ini saya menamai HealthyState, SurvivalState, DeadState. public class HealthyState implements PlayerState { @Override public void action(Player p) { p.attack(); p.fireBumb(); p.fireGunblade(); p.fireLaserPistol(); } } public class Surv...