Langsung ke konten utama

Analisis Sistem Informasi PERTAMINA

Analisis PIECES 

Mengacu pada sistem yang ada dan selama ini digunakan dalam proses pengendalian kerja yang ada khususnya sistem pengolahan data karyawan pada PT. Pertamina, kemungkinan besar akan terjadi hasil daya yang kurang relecan dan kurang akurat. Untuk menyelesaikan permasalahan  sebagaimana disebutkan sebelumnya, maka disusun analisis yang digunakan sebagai alat ukur untuk menentukan sebuah sistem yaitu dengan menggunakan analisis PIECES (Performance, Information, Economy, Control, Efficiency, and Service).



Jenis Analisis

Permasalahan

Performance
and Economy

Jadwal Pemesanan persediaan
dilakukan berdasarkan insting dan pengecekan Tangki oleh pengawas SPBU setiap
hari hal ini akan menjadi permasalahan jika pengawas berhalangan hadir atau
terlambat melakukan pengecekan.

Information

Belum adanya sistem monitoring persediaan premium
yang dapat mendukung informasi persediaan secara cepat dan akurat.

Control and
Efficiency

Proses penghitungan penjualan
masih dengan cara manual,sehingga kurang efisien dan kemungkinan terjadi
kesalahan hitung besar.

Service

Data penjualan, pembelian, data stok BBM masih
dicatat dan disimpan dalam berkas-berkas kerja.

Konteks Diagram

Konteks diagram yang digunakan PT. Pertamina dapat dilihat pada gambar di bawah ini:




Flowmap

Flowmap adalah gambaran secara umum bagaiman sistem berjalan. Adapun flowmap yang sedang berjalan di PT. Pertamina adalah sebagai berikut:




Use Case Diagram

Use Case Diagram adalah diagram yang digunakan untuk menggambarkan suatu sistem secara ringkas mengenai siapa yang menggunakan sistem dan apa saja yang dapat dilakukan olehnya. Berikut ini merupakan pada sistem informasi PT. Pertamina:




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Design Pattern: State Pattern

Definisi State Pattern adalah solusi untuk masalah bagaimana membuat perilaku tergantung pada state. Pola state ini tidak menentukan mana transisi state yang akan didefinisikan. Pilihannya adalah duam yakni: "konteks" objek atau setiap state individu berasal. Keuntungannya adalah kemudahan untuk menambah kelas baru yang berasal dari state. Kelemahannya adalah setiap kelas turunan dari state memliki pengetahuan sambungan yang memperkenalkan dependensi antara subclass. Implementasi 1. Buatlah interface dengan nama PlayerState public interface PlayerState { void action(Player p); } 2. Buatlah tiga kelas berbeda dengan state yang berbeda. Pada contoh dibawah ini saya menamai HealthyState, SurvivalState, DeadState. public class HealthyState implements PlayerState { @Override public void action(Player p) { p.attack(); p.fireBumb(); p.fireGunblade(); p.fireLaserPistol(); } } public class Surv...

Desain Sistem Informasi Giant Supermarket

Use Case Diagram Use case diagram adalah diagram usecase  yang digunakan untuk menggambarkan secara ringkas siapa yang menggunakan sistem dan apa saja yang bisa dilakukannya. Diagram use case pada pengembangan sistem pada Giant Supermarket adalah sebagai berikut : Gambar 1. Use Case Pelanggan Gambar 2. Use Case Admin Flowmap Diagram Flowmap adalah penggambaran secara grafik dari langkah-langkah dan urut-urutan prosedur dari suatu program.  Diagram flowmap kami buat pada pengembangan system Giant Supermarket adalah sebagai berikut ini: Gambar 3. Flowmap Sistem Konteks Diagram Diagram konteks menggambarkan ruang lingkup suatu sistem. Diagram ini memberikan gambaran mengenai keseluruhan sistem. Diagram Konteks Sistem Informasi Layanan Pesan Antar pada Giant Supermarket dapat dilihat pada gambar dibawah ini: Gambar 4. Diagram konteks sistem Class Diagram Class Diagram adalah diagram yang digunakan untuk menampilkan beberapa kelas serta paket-paket yang ada dalam sistem/perangkat l...