Langsung ke konten utama

Desain Sistem Informasi Giant Supermarket

Use Case Diagram

Use case diagram adalah diagram usecase yang digunakan untuk menggambarkan secara ringkas siapa yang menggunakan sistem dan apa saja yang bisa dilakukannya.Diagram use case pada pengembangan sistem pada Giant Supermarket adalah sebagai berikut :


Gambar 1. Use Case Pelanggan


Gambar 2. Use Case Admin

Flowmap Diagram

Flowmap adalah penggambaran secara grafik dari langkah-langkah dan urut-urutan prosedur dari suatu program. Diagram flowmap kami buat pada pengembangan system Giant Supermarket adalah sebagai berikut ini:



Gambar 3. Flowmap Sistem

Konteks Diagram

Diagram konteks menggambarkan ruang lingkup suatu sistem. Diagram ini memberikan gambaran mengenai keseluruhan sistem. Diagram Konteks Sistem Informasi Layanan Pesan Antar pada Giant Supermarket dapat dilihat pada gambar dibawah ini:



Gambar 4. Diagram konteks sistem

Class Diagram

Class Diagram adalah diagram yang digunakan untuk menampilkan beberapa kelas serta paket-paket yang ada dalam sistem/perangkat lunak yang sedang kita gunakan. Berikut ini merupakan Class Diagram dari desain sistem yang kami buat:


Gambar 5. Class diagram sistem

Komponen Diagram

Diagram komponen atau component diagram dibuat untuk menunjukkan organisasi dan ketergantungan diantara kumpulan komponen dalam sebuah sistem. Adapun Komponen diagram yang kami buat pada pengembangan system GiantOnline adalah sebagai berikut:




Gambar 6. Komponen diagram sistem

Deployment Diagram

Deployment diagram adalah diagram yang digunakan memetakan software ke processing node. Diagram Deployment yang ada pada pengembangan system GiantOnline adalah sebagai berikut ini:



Gambar 7. Deployment diagram sistem

Sequence Diagram

Sequence diagram adalah suatu diagram yang menggambarkan interaksi antar obyek dan mengindikasikan komunikasi diantara obyek-obyek tersebut.


Gambar 8. Sequence diagram pelanggan



Gambar 9. Sequence diagram admin

Rancangan Sistem

Berikut ini adalah rancangan sistem dari aplikasi sistem informasi penjualan berbasis web pada Giant Minimarket yang kami beri nama Giant Online:


1. Menu Login
Menu login digunakan untuk melindungi agar data tidak dapat diakses oleh orang yang tidak berwenang. Untuk melakukan transaksi diharuskan mengisi form login terlebih dahulu. Form login berisi user email dan password kemudian menekan tombol login



Gambar 10. Menu Login Pelanggan



2. Menu Registrasi
Menu ini digunakan untuk memasukan data pengguna baru, sehingga mendapatkan username dan password untuk masuk keaplikasi. Adapun bentuk tampilan menu data registrasi dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Gambar 11. Menu Registrasi Pelanggan


3. Menu Utama
Menu utama merupakan tampilan utama dari sistem informasi penjualan berbasis web Giant Supermarket. Adapun bentuk tampilan menu utama dapat dilihat pada gambar dibawah ini :




Gambar 12. Menu Utama Sistem

4. Menu Kategori
Menu Kategori merupakan tampilan berbagai macam produk sesuai dengan kategorinya masing-masing. Menu ini dibuat untuk mempermudah pelanggan dalam mencari produk yang diinginkan.



Gambar 13. Menu kategori makanan


Gambar 14. Menu Kategori Rumah Tangga

5. Menu Keranjang Belanja
Menu ini menampilkan produk yang telah dipilih pelanggan untuk dibeli serta total dari belanjaan yang harus dibayar pelanggan. Adapun tampilan pada website dapat dilihat pada gambar di bawah ini:



Gambar 15. Menu Keranjang Belanja


6. Menu Detail Produk
Menu detail produk menampilkan detail salah satu produk seperti kegunaan untuk menginformasikan kepada pelanggan tentang suatu produk. Adapun tampilan pada website bisa dilihat pada gambar di bawah ini:



Gambar 16. Menu Detail Produk


7. Menu Login Admin
Menu login admin digunakan bagi admin untuk mengetahui stok produk, list pelanggan, dan mengkonfirmasi daftar pesanan pelanggan. Adapun tampilan pada website bisa dilihat pada gambar di bawah ini:



Gambar 18. Menu Login Admin

8. Menu List Pelanggan
Menu List Pelanggan digunakan untuk mengetahui siapa saja yang sudah terdaftar di website ini. Adapun tampilan pada website bisa dilihat pada gambar di bawah ini:


Gambar  19. Menu List Pelanggan

9. Menu Stok Produk
Menu stok produk digunakan untuk mempermudah admin dalam mengetahui ketersediaan sebuah produk.




Gambar 20. Menu Stok Produk

10. Menu Daftar Pesanan
Menu ini digunakan untuk memberitahu staf penjualan tentang daftar pesanan yang masuk agar segera dikonfirmasi. Adapun bentuk tampilan dari menu datfar pesanan pada website dapat dilihat pada gambar dibawah ini :  



Gambar 21. Menu Daftar Pesanan



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Sistem Informasi PERTAMINA

Analisis PIECES  Mengacu pada sistem yang ada dan selama ini digunakan dalam proses pengendalian kerja yang ada khususnya sistem pengolahan data karyawan pada PT. Pertamina, kemungkinan besar akan terjadi hasil daya yang kurang relecan dan kurang akurat. Untuk menyelesaikan permasalahan  sebagaimana disebutkan sebelumnya, maka disusun analisis yang digunakan sebagai alat ukur untuk menentukan sebuah sistem yaitu dengan menggunakan analisis PIECES ( Performance, Information, Economy, Control, Efficiency, and Service ). Jenis Analisis Permasalahan Performance and Economy Jadwal Pemesanan persediaan dilakukan berdasarkan insting dan pengecekan Tangki oleh pengawas SPBU setiap hari hal ini akan menjadi permasalahan jika pengawas berhalangan hadir atau terlambat melakukan pengecekan. Information Belum adanya sistem monitoring persediaan premium yang dapat mendukung informasi persediaan secara cepat dan akurat. Control and Efficiency Proses penghitung

Sistem Informasi Rental Mobil

1. USE CASE DIAGRAM  Pada gambar di atas yang bertugas menjadi aktor adalah pelanggan dan petugas. pada sistem ini pelanggan tidak masuk pada sistem, pelanggan hanya melakukan pendaftaran secara manual. Petugas lah yang nantinya akan menginputkan data pelanggan pada sistem. Petugas bertugas menginputkan data rental, data penyewaan, termasuk data pelanggan yang mendaftar untuk melakukan penyewaan dan pembayaran. 2. CLASS DIAGRAM 3. SEQUENCE DIAGRAM  - Sequence Diagram Login Petugas   Prosedur pelaksanaanya :  1. petugas memasukan username dan password pada sistem.  2. petugas masuk pada bagian kepegawaian. 3. sistem akan melakukan pengecekan apabila terjadi kesalahan akan muncul peringatan username atau password salah.  4. apabila sudah masuk ke sistem, petugas akan masuk ke manu utama form - Sequence Diagram Pendaftaran Customer  Prosedur pelaksanaannya :  1. pelanggan akan mengisi formulir pendaftaran.  2. data pelanggan berupa fisik, akan di serahkan pada bagian petugas.  3. petugas

Design Pattern: State Pattern

Definisi State Pattern adalah solusi untuk masalah bagaimana membuat perilaku tergantung pada state. Pola state ini tidak menentukan mana transisi state yang akan didefinisikan. Pilihannya adalah duam yakni: "konteks" objek atau setiap state individu berasal. Keuntungannya adalah kemudahan untuk menambah kelas baru yang berasal dari state. Kelemahannya adalah setiap kelas turunan dari state memliki pengetahuan sambungan yang memperkenalkan dependensi antara subclass. Implementasi 1. Buatlah interface dengan nama PlayerState public interface PlayerState { void action(Player p); } 2. Buatlah tiga kelas berbeda dengan state yang berbeda. Pada contoh dibawah ini saya menamai HealthyState, SurvivalState, DeadState. public class HealthyState implements PlayerState { @Override public void action(Player p) { p.attack(); p.fireBumb(); p.fireGunblade(); p.fireLaserPistol(); } } public class Surv