Langsung ke konten utama

Analisis Software Vending Machine


Deskripsi Software

Vending Machine merupakan suatu alat atau mesin yang menjual barang secara otomatis. Vending Machine yang kami analisis yaitu mesin yang berada di Plaza Lama Teknik Informatika ITS. Minuman yang dijual di Vending Machine tersebut ada empat jenis, yaitu air mineral, susu Bear Brand, Pocari Sweat, dan teh Pucuk Harum. Sedangkan metode pembayaran yang digunakan yaitu dengan menggunakan e-money.




Pada prototype vending machine yang kami buat di sini terdapat delapan pilihan produk yang bisa dibeli oleh pembeli. Untuk sistem pembayaran, kami menggunakan ID kartu sebagai analogi dari tap e-money, sehingga pembeli harus memasukkan ID kartu untuk membeli produk yang ada.

Use case Diagram

Use case diagram adalah diagram usecase yang digunakan untuk menggambarkan secara ringkas siapa yang menggunakan sistem dan apa saja yang bisa dilakukannya. Diagram use case pada prototype vending machine kami adalah sebagai berikut :



Sequence Diagram

Sequence diagram adalah suatu diagram yang menggambarkan interaksi antar obyek dan mengindikasikan komunikasi diantara obyek-obyek tersebut. Berikut ini adalah gambar sequence diagram dari vending machine:


Sequence Diagram Pemilihan Barang


Sequence Diagram Penambahan Stok Minuman 



Komponen Diagram

Diagram komponen atau component diagram dibuat untuk menunjukkan organisasi dan ketergantungan diantara kumpulan komponen dalam sebuah sistem. Adapun Komponen Diagram yang kami buat pada software vending machine adalah sebagai berikut:


Class Diagram

Class Diagram adalah model statis yang menggambarkan struktur dan deskripsi class seta hubungannya antara class. Berikut ini merupakan Class Diagram pada program vending machine yang kami buat:



Rancangan Layar

Berikut ini adalah rancangan layar dari sistem vending machine yang kami buat:

1. Menu Utama
Menu utama merupakan tampilan utama dari vending machine. Pada menu ini, pembeli harus memasukkan ID Kartu e-money yang dimiliki pembeli untuk membeli produk tersebut. Terdapat delapan macam pilihan produk yang bisa didapatkan oleh pembeli melalui vending machine ini. Adapun bentuk tampilan menu utama dapat dilihat pada gambar dibawah ini :


2. Menu Penambahan Stok Minuman
Menu ini dibuat khusus bagi petugas apabila petugas ingin me-restock produk. Berikut adalah desain dari menu penambahan stok minuman:



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Sistem Informasi PERTAMINA

Analisis PIECES  Mengacu pada sistem yang ada dan selama ini digunakan dalam proses pengendalian kerja yang ada khususnya sistem pengolahan data karyawan pada PT. Pertamina, kemungkinan besar akan terjadi hasil daya yang kurang relecan dan kurang akurat. Untuk menyelesaikan permasalahan  sebagaimana disebutkan sebelumnya, maka disusun analisis yang digunakan sebagai alat ukur untuk menentukan sebuah sistem yaitu dengan menggunakan analisis PIECES ( Performance, Information, Economy, Control, Efficiency, and Service ). Jenis Analisis Permasalahan Performance and Economy Jadwal Pemesanan persediaan dilakukan berdasarkan insting dan pengecekan Tangki oleh pengawas SPBU setiap hari hal ini akan menjadi permasalahan jika pengawas berhalangan hadir atau terlambat melakukan pengecekan. Information Belum adanya sistem monitoring persediaan premium yang dapat mendukung informasi persediaan secara cepat dan akurat. Control and Efficiency Proses penghitung

Sistem Informasi Rental Mobil

1. USE CASE DIAGRAM  Pada gambar di atas yang bertugas menjadi aktor adalah pelanggan dan petugas. pada sistem ini pelanggan tidak masuk pada sistem, pelanggan hanya melakukan pendaftaran secara manual. Petugas lah yang nantinya akan menginputkan data pelanggan pada sistem. Petugas bertugas menginputkan data rental, data penyewaan, termasuk data pelanggan yang mendaftar untuk melakukan penyewaan dan pembayaran. 2. CLASS DIAGRAM 3. SEQUENCE DIAGRAM  - Sequence Diagram Login Petugas   Prosedur pelaksanaanya :  1. petugas memasukan username dan password pada sistem.  2. petugas masuk pada bagian kepegawaian. 3. sistem akan melakukan pengecekan apabila terjadi kesalahan akan muncul peringatan username atau password salah.  4. apabila sudah masuk ke sistem, petugas akan masuk ke manu utama form - Sequence Diagram Pendaftaran Customer  Prosedur pelaksanaannya :  1. pelanggan akan mengisi formulir pendaftaran.  2. data pelanggan berupa fisik, akan di serahkan pada bagian petugas.  3. petugas

Design Pattern: State Pattern

Definisi State Pattern adalah solusi untuk masalah bagaimana membuat perilaku tergantung pada state. Pola state ini tidak menentukan mana transisi state yang akan didefinisikan. Pilihannya adalah duam yakni: "konteks" objek atau setiap state individu berasal. Keuntungannya adalah kemudahan untuk menambah kelas baru yang berasal dari state. Kelemahannya adalah setiap kelas turunan dari state memliki pengetahuan sambungan yang memperkenalkan dependensi antara subclass. Implementasi 1. Buatlah interface dengan nama PlayerState public interface PlayerState { void action(Player p); } 2. Buatlah tiga kelas berbeda dengan state yang berbeda. Pada contoh dibawah ini saya menamai HealthyState, SurvivalState, DeadState. public class HealthyState implements PlayerState { @Override public void action(Player p) { p.attack(); p.fireBumb(); p.fireGunblade(); p.fireLaserPistol(); } } public class Surv