Langsung ke konten utama

Manajemen Waktu Proyek Sistem Informasi Kepegawaian

Teknik pengembangan yang digunakan adalah Teknik Prototyping. Prototyping merupakan proses yang digunakan untuk membantu pengembang perangkat lunak dalam membentuk model dari perangkat lunak yang harus dibuat.

Cara kerja:
  1. Stakeholder akan memberikan semua informasi yang diperlukan dalam membangun aplikasi ini
  2. Developer akan melakukan analisa terhadap kebutuhan dan membuatkan protoype atau model aplikasi untuk selanjutnya ditunjukkan kepada stakeholder agar mendapat masukan atau perbaikan sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan oleh stakeholder
  3. Setelah ditunjukkan kepada stakeholder, developer akan mengembangkan prototype sampai menjadi aplikasi yang seutuhnya.

Definisi Aktivitas

Mindmap WBS:

Maka dari mindmap tersebut dapat didaftarkan aktivitas yang harus dilakukan, diantaranya:

Daftar Aktivitas yang Harus Dilakukan
Menghubungi stakeholder dan membuat perjanjian waktu untuk bertemu
Melakukan wawncara kepada stakeholder terkait kebutuhan apa saja yang ada pada sistem
Menggali informasi proses bisnis dan operational pada kantor TNI AL Surabaya
Menggali informasi dan data pendukung
Mendefinisikan kebutuhan pengguna
Mendefinisikan kebutuhan sistem
Memilih kebutuhan apa saja yang akan dibuat pada sistem
Menginformasi ulang kebutuhan yang sudah dianalisis kepada stakeholder
Membuat dokumen kebutuhan yang berisi segala hasil tahapan penggalian kebutuhan
Membuat desain interface untuk prototype aplikasi
Membuat alur proses sistem untuk protoype aplikasi
Menunjukan hasil prototype kepada stakeholder
Mencatat hasil evaluasi prototype dari stakeholder
Implementasi sistem dari hasil prototype yang disetujui stakeholder
Implementasi interface dari hasil prototype yang disetujui stakeholder
Penggabungan sistem dan interface
Uji coba aplikasi oleh developer dan stakeholder
Melakukan perubahan apabila ada kesalahan yang telah disepakati antara developer dan satakeholder sebelumnya
Mendeploy sistem
Uji coba server oleh developer
Pembuatan skenario pengujian
Melakukan testing oleh stakeholder
Melakukan perbaikan apabila terjadi gangguan
Perencanaan pembuatan tim support
Perencanaan tugas tim support
Pemilihan anggota tim support
Menjalankan tim support


Pengurutan Aktivitas

Segala aktivitas yang telah didaftar pada poin pertama, kemudian disusun secara sekuensial dari awal dikelompokkan tiap-tiap aktivitas menjadi Tahap dan Milestones.
Keterangan : Kalimat cetak tebal adalah nama proyek, tahap, dan sub tahap tergantung dengan indentasi. Sementara kalimat cetak normal adalah milestones dari setiap tahap.

Daftar Urutan Aktivitas Sistem Informasi Akademik Terpadu
Konsep
Penggalian Kebutuhan
Menghubungi stakeholder dan membuat perjanjian waktu untuk bertemu
Melakukan wawncara kepada stakeholder terkait kebutuhan apa saja yang ada pada sistem
Menggali informasi proses bisnis dan operational pada kantor TNI AL Surabaya
Menggali informasi dan data pendukung
Mendefinisikan kebutuhan pengguna
Mendefinisikan kebutuhan sistem
Analisa Kebutuhan
Memilih kebutuhan apa saja yang akan dibuat pada sistem
Menginformasi ulang kebutuhan yang sudah dianalisis kepada stakeholder
Membuat dokumen kebutuhan yang berisi segala hasil tahapan penggalian kebutuhan
Pembuatan Prototype
Desain Interface
Membuat desain interface untuk prototype aplikasi
Alur Proses Sistem
Membuat alur proses sistem untuk protoype aplikasi
Evaluasi Prototype
Menunjukan hasil prototype kepada stakeholder
Mencatat hasil evaluasi prototype dari stakeholder
Pembuatan Aplikasi
Implementasi aplikasi dari hasil prototype yang disetujui stakeholder
Implementasi interface dari hasil prototype yang disetujui stakeholder
Penggabungan sistem dan interface
Uji coba aplikasi oleh developer dan stakeholder
Konfirmasi Hasil Akhir
Evaluasi kepada stakeholder
Melakukan perubahan apabila ada kesalahan yang telah disepakati antara developer dan satakeholder sebelumnya
Roll Out (Deploy Aplikasi)
Mendeploy sistem
Uji coba server oleh developer
Testing
Pembuatan skenario pengujian
Melakukan testing oleh stakeholder
Melakukan perbaikan apabila terjadi gangguan
Support
Perencanaan pembuatan tim support
Perencanaan tugas tim support
Pemilihan anggota tim support
Menjalankan tim support

Estimasi Sumber Daya Aktivitas

  • Bahan
    • Dokumen SKPL
    • Dokumen DPPL
  • Tenaga Kerja
    • Project manager
    • System Analyst
    • Programmer
    • Quality Assurance
    • Trainers
  • Alat
    • Hardware
      • PC/Laptop
      • Server
    • Software
      • Axure
      • Sublime Text 3
      • XAMPP
      • phpMyAdmin
      • MS. Office
Kegiatan
Pemilik Tanggung Jawab
Interview kebutuhan dengan stakeholder
Project Manager, Stakeholder
Fitur-fitur yang akan dibuat
Developer, Stakeholder
Melakukan desain interface dan system sesuai dengan kebutuhan
System Analyst, Stakeholder
Deskripsi hasil kerja (spesifikasi kebutuhan, source code, test plan)
Stakeholder, Tim Proyek
Estimasi usaha setiap work product
Project Manager
Testing Aplikasi
Tester
Implementasi aplikasi SI
Tim Proyek


Estimasi Durasi Aktivitas

Durasi setiap aktivitas diestimasi berdasarkan kesulitan dan kerumitan antar yang bertanggung jawab. Aktivitas yang hanya dipegang oleh satu pihak tertentu lebih cepat daripada aktivitas yang berhubungan dengan berbagai pihak.

Daftar Aktifitas yang Harus Dilakukan
Durasi (HARI)
Sistem Informasi Kepegawaian TNI AL Surabaya
90
Konsep
15
Mendefinisakan Kebutuhan
9
Menghubungi Stakeholder dan membuat perjanjian waktu untuk bertemu
1
Melakukan wawancara kepada stakeholder terkait kebutuhan apa saja yang ada pada sistem
1
Menggali informasi proses bisnis dan operational pada kantor TNI AL Surabaya
1
Mendefinisikan kebutuhan pengguna
3
Mendefinisikan kebutuhan sistem
3
Analisis Kebutuhan
6
Memilih kebutuhan apa saja yang akan ada pada Sistem Informasi Kepegawaian TNI AL Surabaya
1
Mengkonfirmasi ulang kebutuhan yang sudah kita analisis kepada stakeholder
1
Membuat dokumen kebutuhan yang berisi segala hasil tahapan penggalian kebutuhan dan kebutuhan final
4
Pembuatan Prototype
9
Desain Sistem dan Jalannya Sistem
1
Membuat desain interface untuk prototype aplikasi
1
Evaluasi Prototype Kepada Stakeholder
2
Menunjukan hasil prototype kepada stakeholder
1
Mencatat hasil evaluasi prototype dari stakeholder
1
Implementasi Sistem
38
Implementasi sistem dari hasil prototype yang disetujui stakeholder
15
Implementasi interface dari hasil prototype yang disetujui stakeholder
14
Penggabungan sistem dan interface
7
Uji Coba aplikasi oleh developer dan stakeholder
2
Konfimasi Akhir Hasil Implementasi
6
Evaluasi kepada stakeholder
3
Melakukan perubahan apabila ada kesalahan yang telah disepakati antara developer dan stakeholder sebelumnya
3
Roll Out
8
Mencari jasa hosting
1
Membeli jasa hosting
1
Mendeploy sistem informasi kepegawaian TNI AL Surabaya
4
Uji coba server terlebih dahulu oleh developer
2
Testing
4
Pembuatan skenario pengujian
1
Melakukan testing oleh stakeholder sesuai dengan skenario pengujian
1
Melakukan perbaikan bila terjadi gangguan
2
Support
7
Perencanaan pembuatan tim support
2
Perencanaan tugas tim support
4
Pemilihan anggota tim support
1
Menjalankan tim support                                                 
0

Pengembangan Jadwal

Berikut merupakan jadwal yang kami susun untuk pengembangan proyek ini:

No.
Daftar Aktifitas yang Harus Dilakukan
Durasi (HARI)
Mulai
Selesai
Predecessors
1
Sistem Informasi Kepegawaian TNI AL Surabaya
90
1 April 2017
30 Juni 2017
2
Konsep
10
1 April 2017
11 April 2017
3
Mendefinisakan Kebutuhan
7
1 April 2017
08 April 2016
4
Menghubungi stakeholder dan membuat perjanjian waktu untuk Bertemu
1
1 April 2017
8 April 2016
5
Melakukan wawancara kepada stakeholder terkait kebutuhan apa saja yang ada pada sistem
2
2 April 2017
04 April 2016
4
6
Menggali informasi proses bisnis dan operasional pada kantor TNI AL Surabaya
2
4 April 2017
06 April 2016
5
7
Mendefinisikan kebutuhan pengguna
1
6 April 2017
07 April 2016
6
8
Mendifinisikan kebutuhan sistem
1
7 April 2017
08 April 2016
7
9
Analisis Kebutuhan
3
8 April 2017
11 April 2016
3
10
Memilih kebutuhan apa saja yang akan ada pada sistem informasi kepegawaian TNI AL Surabaya
1
8 April 2017
09 April 2016
11
Mengkonfirmasi ulang kebutuhan yang sudah kita analisis kepada stakeholder
1
9 April 2017
10 April 2016
10
12
Membuat dokumen kebutuhan yang berisi segala hasil tahapan penggalian kebutuhan dan kebutuhan final
1
10 April 2017
11 April 2016
11
13
Pembuatan Prototype
5
11 April 2017
16 April 2016
2
14
Desain Sistem dan Jalannya Sistem
3
11 April 2017
14 April 2016
15
Membuat prototype sistem informasi kepegawaian
3
11 April 2017
14 April 2016
16
Evaluasi Prototype Kepada Stakeholder
2
14 April 2017
16 April 2016
17
Menunjukan hasil prototype kepada stakeholder
1
14 April 2017
15 April 2016
18
Mencatat hasil evaluasi prototype dari stakeholder
1
15 April 2017
16 April 2016
17
19
Implementasi Sistem
33
16 April 2017
19 Mei 2017
13
20
Implementasi sistem dari hasil prototype yang disetujui stakeholder
15
16 April 2017
01 Mei 2017
21
Implementasi interface dari hasil prototype yang disetujui stakeholder
10
01 Mei 2017
11 Mei 2017
20
22
Penggabungan sistem dan interface
5
11 Mei 2017
16 Mei 2017
21
23
Uji  Coba aplikasi oleh developer dan stakeholder
3
16 Mei 2017
19 Mei 2017
22
24
Konfimasi Akhir Hasil Implementasi
6
19 Mei 2017
25 Mei 2017
19
25
Evaluasi kepada stakeholder
1
19 Mei 2017
20 Mei 2017
26
Melakukan perubahan apabila ada kesalahan yang telah disepakati antara developer dan stakeholder sebelumnya
5
20 Mei 2017
25 Mei 2017
25
27
Roll Out
7
25 Mei 2017
01 Juni 2017
28
Mencari jasa hosting
2
25 Mei 2017
27 Mei 2017
29
Membeli jasa hosting
1
27 Mei 2017
28 Mei 2017
28
30
Mendeploy sistem informasi kepegawaian TNI AL Surabaya
2
28 Mei 2017
30 Mei 2017
29
31
Uji coba server terlebih dahulu oleh developer
2
30 Mei 2017
01 Juni 2017
30
32
Testing
13
01 Juni 2017
14 Juni 2017
19
33
Pembuatan skenario pengujian
3
01 Juni 2017
04 Juni 2017
34
Melakukan testing oleh stakeholder sesuai dengan skenario pengujian
5
04 Juni 2017
09 Juni 2017
33
35
Melakukan perbaikan bila terjadi gangguan
5
09 Juni 2017
14 Juni 2017
34
36
Support
16
14 Juni 2017
30 Juni 2017
37
Perencanaan pembuatan tim support
3
14 Juni 2017
17 Juni 2017
38
Perencanaan tugas tim support
3
27 Juni 2017
20 Juni 2017
37
39
Pemilihan anggota tim support
3
20 Juni 2017
23 Juni 2017
38
40
Menjalankan tim support
7
23 Juni 2017
30 Juni 2017
39

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Sistem Informasi PERTAMINA

Analisis PIECES  Mengacu pada sistem yang ada dan selama ini digunakan dalam proses pengendalian kerja yang ada khususnya sistem pengolahan data karyawan pada PT. Pertamina, kemungkinan besar akan terjadi hasil daya yang kurang relecan dan kurang akurat. Untuk menyelesaikan permasalahan  sebagaimana disebutkan sebelumnya, maka disusun analisis yang digunakan sebagai alat ukur untuk menentukan sebuah sistem yaitu dengan menggunakan analisis PIECES ( Performance, Information, Economy, Control, Efficiency, and Service ). Jenis Analisis Permasalahan Performance and Economy Jadwal Pemesanan persediaan dilakukan berdasarkan insting dan pengecekan Tangki oleh pengawas SPBU setiap hari hal ini akan menjadi permasalahan jika pengawas berhalangan hadir atau terlambat melakukan pengecekan. Information Belum adanya sistem monitoring persediaan premium yang dapat mendukung informasi persediaan secara cepat dan akurat. Control and Efficiency Proses p...

Sistem Informasi Rental Mobil

1. USE CASE DIAGRAM  Pada gambar di atas yang bertugas menjadi aktor adalah pelanggan dan petugas. pada sistem ini pelanggan tidak masuk pada sistem, pelanggan hanya melakukan pendaftaran secara manual. Petugas lah yang nantinya akan menginputkan data pelanggan pada sistem. Petugas bertugas menginputkan data rental, data penyewaan, termasuk data pelanggan yang mendaftar untuk melakukan penyewaan dan pembayaran. 2. CLASS DIAGRAM 3. SEQUENCE DIAGRAM  - Sequence Diagram Login Petugas   Prosedur pelaksanaanya :  1. petugas memasukan username dan password pada sistem.  2. petugas masuk pada bagian kepegawaian. 3. sistem akan melakukan pengecekan apabila terjadi kesalahan akan muncul peringatan username atau password salah.  4. apabila sudah masuk ke sistem, petugas akan masuk ke manu utama form - Sequence Diagram Pendaftaran Customer  Prosedur pelaksanaannya :  1. pelanggan akan mengisi formulir pendaftaran.  2. data pelanggan berupa fisik, akan d...

Design Pattern: State Pattern

Definisi State Pattern adalah solusi untuk masalah bagaimana membuat perilaku tergantung pada state. Pola state ini tidak menentukan mana transisi state yang akan didefinisikan. Pilihannya adalah duam yakni: "konteks" objek atau setiap state individu berasal. Keuntungannya adalah kemudahan untuk menambah kelas baru yang berasal dari state. Kelemahannya adalah setiap kelas turunan dari state memliki pengetahuan sambungan yang memperkenalkan dependensi antara subclass. Implementasi 1. Buatlah interface dengan nama PlayerState public interface PlayerState { void action(Player p); } 2. Buatlah tiga kelas berbeda dengan state yang berbeda. Pada contoh dibawah ini saya menamai HealthyState, SurvivalState, DeadState. public class HealthyState implements PlayerState { @Override public void action(Player p) { p.attack(); p.fireBumb(); p.fireGunblade(); p.fireLaserPistol(); } } public class Surv...